12 Waktu Istimewa Untuk Menjaga Kesehatan

12 Waktu Istemewa Organ Manusia

Selamat siang sobat Ilmu. Pastinya kalian ingin kan kalau tubuh kalian selalu sehat dan dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan tubuh yang sehat dan kuat. Untuk itu kita perlu menjaga kesehatan tubuh kita, mulai dari kesehatan jasmani kita, baik itu kesehatan tubuh bagian luar maupun organ dalam kita. Nah pada kesempatan kali in kita akan membahas bagaimana cara kita merawat kesehatan organ dalam kita. Dimulai dari

1. Lambung Pagi
    Kalian pasti tahu kan apa itu lambung? Lambung merupakan salah satu mesin penggerak dalam tubuh kita, karena dengan adanya lambung, kita dapat mencerna makanan yang telah kita makan dan tubuh kita akan mendapatkan energi untuk beraktifitas. Untuk itu kita perlu menjaga lambung kita, bagaimana caranya? Pastilah tiap pagi hari kita akan beraktifitas, untuk itu kita perlu membiasakan untuk sarapan pagi. Karena pada pagi hari jam 07.00-09.00 adalah waktu yang tepat untuk sarapan. Jadi jangan lupa untuk sarapan ya guys.



2. Limpa Pagi Hari
    Limpa merupakan salah satu organ yang berfungsi untuk menstranformasikan cairan nutrisi untuk pertumbuhan. Nah limpa ini sangatlah berguna pagi kalian yang sedang berada dalam masa pertumbuhan, terlebih lagi bagi anak anak usai 5 tahun ke atas dan juga remaja usia SMP dan SMA. Jadi selalu jaga kesehatan organ yang satu ini ya guys.


3. Jantung Siang Hari
    Pasti sobat sekalian tidak asing bukan dengan organ yang satu ini? Organ yang berguna untuk memompa darah ke seluruh tubuh, membawa oksigen menuu seluruh tubuh dan membawa darah kotor untuk dibersihkan di jantung kembali. Untuk itu kita juga perlu memberikan waktu istirahat pada organ jantung ya guys. Jam berapa sih waktu tepat untuk memberikan waktu istirahat itu? yaitu pada jam 11.00-13.00. Pada waktu tersebut hindari ya aktivitas fisik yang berlebihan.

4. Hati Siang Hari
    Nah, untuk organ yang satu ini sobat sekalian pasti sudah tidak asing bukan? Tiap orang pasti kenal dengan hati. mulai dari anak kecil hingga orang dewasa. Hati berfungsi untuk membentuk sel darah merah. Nah, tidak selamanya hati ini bekerja dengan baik, ada pula waktu lemah hati, yaitu pada jam 13.00-15.00. Untuk itu kita perlu memberikan waktu hati beristirahat. Jika bisa, pada waktu tersebut kita gunakan untuk tidur siang, atau paling tidak kita bersantai pada waktu tersebut.

5. Paru-Paru Sore Hari.
    Siapa ssih yang tidak tahu organ yang satu ini? Organ yang berfungsi sebagai pemberi asupan oksigen pada tubuh. Organ yang satu ini juga berguna untuk mengeluarkan racun loh guys, Pada jam 15.00-17.00 paru-paru sedang bekerja dalam proses pembuangan racun dan pembentukan energi baru. Jadi disarankan untuk bersantai dirumah bersama keluarga dan jalan jalan sore.

6. Ginjal Sore Hari
    Untuk organ yang satu ini mungkin banyak ya diantara Sobat sekalian yang belum mengenalnya. Ginjal adalah organ tubuh manusia yang berbentuk seberti kacang. Ginjal merupakan bagian dari sistem urin, ginjal berfungsi untuk menyaring kotoran (terutama urea) dari darah dan membuangnya melalui urin. Nah selain itu, ginjal juga turut membantu proses pembentukan sumsum tulang dan sel-sel otak. Untuk itu, kita perlu memberikan waktu untuk ginjal bekerja, yaitu pada jam 17.00-19.00

7. Lambung Malam Hari
    Nah untuk fungsi lambung sudah dijelaskan di atas. Pada malam hari, lambung sudah mulai melemah dalam bekerja. Lambung akan sulit untuk mencerna makanan berat dan makanan yang sulit dicerna. Inilah salah satu penyebab orang menjadi gemuk. Untuk menghindari hal itu, disarankan pada waktu malam hari tidak mengkonsumsi makanan berat, atau menunda makan hingga pagi hari.

8. Limpa malam hari
    Sama halnya dengan lambung, limpa juga lemah pada malam hari. Karna pada malam hari terjadi proses pembuangan racun dan juga pembentukan sel-sel limpa. Untuk itu dianjurkan untuk segera beristirahat saja atau mendengarkan musik instrumental yang dapat menenangkan hati dan membuat tubuh rileks.


9. Jantung Tengah Malam
    Hampir semua organ tubuh kita melemah pada malam hari, termasuk jantung kita. Apabila pada malam hari kita masih terus bekerja maka akan membuat fungsi jantung kita semakin lemah dan menimbulkan penyakit lemah jantung. Jangan sampai bergadang, usahakan untuk segera tidur, agar fungsi jantung tidak terganggu.

10. Hati Dini Hari
      Berbeda dengan tiga organ lainnya ya guys. Pada dini hari, hati kita sedang bekerja dengan maksimal. Terjadi proses pembuangan racun atau limbah hasil metabolisme tubuh kita. Apabila terjadi kelainan/gangguan padaa fungsi hati, dapat dilihat pada kotoran dan gangguan mata.

11. Paru-Paru Dini Hari
      Sama halnya dengan hati, paru-paru akan bekerja maksimal pada dini hari. Paru-paru akan mengeluarkan racun-racun yang terdapat dalam paru-paru. Dan menjadikan paru-paru bersih lagi, sehingga akan terasa segar pada pagi hari.

12. Usus Besar Pagi Hari
      Pada pagi hari usus besar kita akan bekerja dengan maksimal, dan akan mengeluarkan sisa-sisa metabolisme atau kotoran dalam tubuh kita. Untuk itu, jika kita membiasakan buang air besar (BAB) pada pagi hari akan menyehatkan tubuh kita. Karena kita akan beraktifitas pagi dengan tanpa beban dan terasa nyaman.

Nah sobat Berbagai Ilmu, banyak sekali cara untuk menjaga agar tubuh kita tetap sehat. Untuk sehat tidak perlu makanan mahal dan perawatan yang mahal. Cukup dengan membisakan Perilaku Hidup Sehat (PHBS) akan menjadikan tubuh kita terasa bugar dan terhindar dari penyakit. 

Demikian posting Berbagai Ilmu kali ini, semoga bermanfaat. Sampai jumpa di posting berikutnya.

"Tak ada gading yang tak retak" tak ada kesempurnaan dalam posting kali ini. Jadi silahkan berikan komentar ada untuk membangun blog ini agar menjadi lebih baik lagi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian HM3 (Hiking, Mengembara, Menjelajah, dan Mendaki)

Penghargaan Bintang Tahunan

LIMA UNSUR TERPADU dalam KEPRAMUKAAN